Rabu, 12 November 2014

Daftar Lensa Portrait Canon

Mempelajari Foto portrait(wajah) erat kaitannya dengan mempelajari kemampuan lensa yang mampu melakukan tugas spesifik tersebut, karena tidak semua jenis lensa dapat menghasilkan foto portrait yang baik. Spesifikasi lensa yang dibutuhkan adalah sebagai berikut :

Memiliki Bukaan aperture yang lebar (nilai kecil)

Sangat penting untuk memiliki lensa dengan bukaan aperture terlebar (ex. f/1.4) karena akan mampu memburamkan background dan memfokuskan subjek. Background yang buram akan mampu menonjolkan subjek. Keburaman background juga disebut dengan bokeh, baca: mendapatkan bokeh yang indah untuk memperjelas, karena bokeh yang indah juga merupakan kunci mendapatkan foto portrait yang indah. Lensa dengan bukaan aperture yang lebar biasanya hanya dimiliki oleh lensa prime/fixed, sedangkan bukaan lensa zoom ada pada kisaran f/4 ke atas(kecuali yang berharga mahal memiliki bukaan lebar). Bukaan aperture yang lebar juga sangat bermanfaat saat kita mengambil gambar dalam kondisi minim cahaya, karena semakin lebar bukaan aperture maka semakin banyak cahaya yang masuk, sehingga kita bisa menggunakan shutter speed yang lebih cepat dan ISO yang lebih rendah. Ukuran Focal length Lensa portrait yang baik paling disarankan oleh para fotografer professional ada pada kisaran 80-130mm atau termasuk dalam range lensa tele pendek.

Crop Factor

Ketika kita berbicara tentang lensa, mau tidak mau harus memperhitungkan crop factor(kecuali sensor anda full frame). Crop factor adalah faktor pemotong yang disebabkan oleh ukuran sensor yang berbeda dengan sensor full frame. Sebagai gambaran sederhana bila anda mempunyai kamera dengan crop factor 1.6 bila memutuskan untuk membeli lensa dengan focal length 50mm, maka focal length yang akan anda dapatkan apabila lensa terpasang di bodi kamera anda adalah 1.6x50mm=80mm.
baca:  crop factor pada kamera untuk memperjelas.
Berikut adalah daftar lensa portrait canon yang patut anda perhitungkan :

Canon EF 50mm f/1.8 II

lensa canon untuk portrait
Ini adalah salah satu lensa portrait canon fixed termurah pada kisaran Rp. 1.100.000,-(tgl. 24 Feb 2014). memiliki bukaan aperture terlebar f/1.8 yang mampu memberikan cukup memuaskan.

Canon EF 50mm f/1.4 USM

Canon EF 50mm f14 USM
Ini adalah lensa portrait canon yang sangat ideal dan memiliki spesifikasi yang lebih mumpuni dari lensa Canon EF 50mm f/1.8 II diatas. Harga yang lebih mahal memberikan manfaat lebih yakni aperture lebar f/1.4 sehingga lebih terang dan USM motor yang membuat fokus lebih cepat dan lebih sunyi. Lensa ini sangat cocok digunakan untuk indor bahkan dengan pencahayaan yang sangat minim lensa ini mampu berbuat banyak. Kelebihan yang lain yakni dengan 8 pisau diafragma lensa ini mampu menghasilkan bokeh yang  indah dan lembut. Harga pada kisaran Rp. 4.500.000,-.

Canon EF 85mm f/1.8 USM

lensa USM portrait
Ini adalah lensa klasik canon yang bisa dipasang pada bodi kamera full frame maupun crop. Memiliki Aperture 1.8 dan 8 pisau diafragma mampu menghasilkan bokeh yang baik dan area fokus yang tajam. Lensa canon USM(Ultra Sonic Motor) memiliki kelebihan yakni auto fokus yang sangat cepat dan tidak berisik saat dioperasikan. Namun kelemahannya dibanding IS adalah tidak mampu meredam blur akibat getaran tangan. Focal length yang panjang yakni 85mm masuk dalam kategori lensa tele pendek atau untuk kamera Crop 136 mm masuk ke dalam kategori lensa tele menengah, sehingga fotografer bisa mengambil jarak agak jauh dari seorang model. Lensa ini dijual pada kisaran harga Rp. 4.700.000,-.

Canon EF-S 17-55mm f/2.8 IS USM

lensa portrait terbaru
Dilihat dari spesifikasinya saja sudah tampak bahwa lensa ini adalah lensa yang mahal. Sebut saja 2 fitur unggulan canon yakni IS dan USM yang semuanya ada pada lensa ini. Belum lagi bukaan aperture yang cukup lebar (untuk ukuran lensa zoom) yakni f/2.8. Lensa ini berfungsi untuk portrait apabila terpasang pada kamera Crop, namun kamera full frame kurang sesuai. Kelebihan lensa ini adalah memiliki fitur zoom yang sangat fleksibel untuk memuat gambar banyak orang sekaligus. Fitur IS dan USM juga menjadi pemikat untuk membeli lensa yang dijual pada kisaran Rp. 11.000.000,-

1 komentar: